Lulus Pre-Test Ppg 2018 Tapi Tidak Punya Nuptk | Bagaimana Nasibnya?

Postingan ini menurut pengalaman pribadi. Seperti banyak guru lain yang masih belum sertifikasi, tentu mengikuti sertifikasi ialah impian. Bukan spesialuntuk duduk kasus tuntidakboleh, tetapi juga wacana kualifikasi akademik, kualitas diri, dan ujung-ujungnya ialah kualitas pendidikan nasional.



Saya salah satu dari ribuan penerima pretest PPG 2018 yang diselenggarakan selesai tahun 2017. Ceritanya, dengan penuh semangat menembus hujan yang sangat deras yang mengguyur Kabupaten Jember, untuk mengikuti pretest PPG yang diselenggarakan di SMPN 10 Jember. 

Sesudah menunggu tanpa banyak berharap, alasannya merasa kesusahan menjawaban soal-soal pretest yang sangat banyak sementara waktu yang disediakan sangat terbatas. Ketika mengerjakan itu, saya teringat keadaan pada 2009, saat mengerjakan soal SNMPTN, soal sangat banyak waktu sangat terbatas. Yang penting dikerjakan yang bisa. Itu prinsipnya. 

Terbukti akhirnya, setelah berhasil melihat hasil pretest PPG (dua hari sebelumnya tidak dapat alasannya webnya dalam tahap evaluasi), ternyata saya ditetapkan lulus. 

Sesudah ditetapkan lulus, barulah saya mencari persyaratan apa saja yang dilengkapi. Menemukan informasi-informasi penting dari beberapa blog yang memang mengulas wacana pendidikan. Salah satu syaratnya ialah mempunyai NUPTK.

Nah, ini menjadi duduk kasus tersendiri bagi aku. Saya mengikuti dapat mengikuti pretest PPG alasannya data dalam dapodik sudah memungkinkan untuk itu. Tapi saat persyaratan yang diminta ialah punya NUPTK saya jadi pesimis. Mana mungkin dapat ikut PPG lha salah satu syaratnya ialah mempunyai NUPTK.

Baca Juga: Grup WhatsApp Forum Guru Lulus PPG 2018

Tidak lantas mengalah begitu saja, iseng-iseng saya kirim ke email yang tertera dalam surat edaran wacana hasil PPG 2018. Saya tanyakan eksklusif ke ppgdikmen2017@gmail.com, tak berselang usang email itu sudah dijawaban. Jawaban yang sangat melegakan. yaitu:

"ajukan saja berkasnya, nuptk sedang dibuatkan untuk yang lulus pretest".



Kaprikornus lebih semangat lagi. Jadi, bagi Bapak Ibu yang sudah ditetapkan lulus pretest tapi tidak punya NUPTK, mari lengkapi berkasnya sebelum 2 Februari, siapa tahu nanti sistem otomatis mempersembahkan kita nomor sakti itu. Hehehe.

Baca Juga: Begini Proses Turunnya NUPTK Bagi yang Lulus Pretest PPG

Jangan lupa juga, komunikasi dengan baik dengan OPS, alasannya tiruana data jalurnya lewat dapodik. 

Salam Pendidikan!
close