Analisis Lagu “Izinkan Saya Menyayangimu” Iwan Fals

Makna Lagu “Izinkan Aku Menyayangimu” Karya Iwan Fals


Iwan Fals yaitu salah satu musisi ternama di Indonesia. Bahkan pernah digelari Pahlawan Asia oleh majalah Time Asia alasannya yaitu berani menyuarakan protes atas ketidakadilan yang dilakukan oleh penguasa.

Akan tetapi, lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Iwan Fals tidak melulu ialah lagu yang meliputi Koreksi sosial. Ada juga lagu cinta yang romantis. Salah satu lagu cinta yang dinyanyikan oleh Iwan Fals yaitu lagu yang berjudul Izinkan Aku Menyayangimu.

Aku dan Kamu | Model: Ababal Ghussoh dan Dita | Foto: Muntijo


Berikut ini lirik lengkap lagu Iwan Fals tersebut:

Andai kamu izinkan
Walau sekejap memandang
Kubuktikan kepadamu
Aku mempunyai rasa

Cinta yang kupendam
Tak sempat saya nyatakan
Karena kamu sudah memilih
Menutup pintu hatimu

Izinkan saya membuktikan
INI kesungguhan rasa
Izinkan saya menyayangimu

Sayangku oh...
Dengarkanlah isi hatiku
Cintaku oh...
Dengarkanlah isi hatiku

Bila cinta tak menyatukan kita
Bila kita tak mungkin bersama
Izinkan saya tetap menyayangimu

Sayangku oh...
Dengarkanlah isi hatiku
Aku akung padamu
Izinkan saya membuktikan....

Untuk memahami makna lagu tersebut langkah pertama yang sanggup dilakukan yaitu dengan cara membuat parafrasenya. Hal ini perlu dilakukan untuk mempergampang memahami makna kata dalam kalimat yang singkat dalam syair lagu tersebut.

Parafrase Lagu Izinkan Aku Menyayangimu
Andai kamu izinkan (aku)
Walau (spesialuntuk) sekejap (kau sudi) memandang (padaku)
(akan) Kubuktikan kepadamu
(bahwa) Aku (benar-benar) mempunyai rasa (cinta)

(rasa) Cinta yang (sudah lama) kupendam
(tetapi) Tak sempat saya nyatakan (rasa itu kepadamu)
Karena kamu sudah menentukan (orang lain)
(kau sudah) Menutup pintu hatimu (untukku)

(terlepas dari itu saya mohon padamu) Izinkan saya (untuk) membuktikan
(bahwa usaha)INI (yang sanggup kulakukan untuk menunjukkan) kesungguhan rasa (cintaku padamu)
(tolong) Izinkan saya (tetap) menyayangimu

Sayangku oh...
Dengarkanlah (ungkapan) isi hatiku
Cintaku oh...
Dengarkanlah (ungkapan) isi hatiku (yang sungguh-sungguh ini)

Bila (memang rasa) cinta (ini) tak (dapat) menyatukan kita (sebagai pasangan)
Bila (memang keadaan menciptakan) kita tak mungkin (hidup) bersama
(tolong) Izinkan saya tetap menyayangimu (dengan cara yang lain)

Sayangku oh...
Dengarkanlah isi hatiku
(apapun yang terjadi) Aku akung padamu
Izinkan saya menandakan (ungkapan isi hatiku ini) ....

Makna Lagu Izinkan Aku Menyayangimu

Makna lagu yang dipopulerkan oleh Iwan Fals dan pernah menjadi musik latar sebuah sinetron televisi ini sangat dalam. Sesudah dilakukan proses parafrase maka makna lagu akan semakin terperinci dan semakin praktis dipahami.

Isi lagu tersebut, menceritakan seseorang yang ingin menandakan bahwa beliau benar-benar mempunyai rasa cinta kepada kekasihnya. Namun sang kekasih sudah menentukan orang lain dan menutup pintu hati semoga tidak dilalui oleh orang tersebut. Mendapati hal itu, bukannya murka beliau malah ingin menandakan bahwa beliau benar-benar mempunyai rasa cinta yang dalam dari hatinya.

Namun usaspesialuntuk itu sia-sia, sang kekasih tetap menutup pintu hatinya. Menghadapi keadaan itu beliau tidak marah. Dia spesialuntuk ingin tetap menyayangi meskipun sang kekasih sudah dimiliki dan bersama orang lain. Meskipun tidak lagi bersama, beliau akan tetap menyayangi kekasihnya.

Dia akan menandakan bahwa, rasa cinta yang dimiliki yaitu rasa cinta yang berasal dari hati yang paling dalam.

Makna yang sanggup diambil dari lagu itu adalah, orang yang sudah dan benar-benar menyayangi tidak akan memaksakan diri untuk memiliki. Untuk tetap menyayangi saja masih minta izin. Berarti tidak memaksa, tidak merusak. Tetap menghargai orang yang sudah meninggalkan.

Pesan Moral
Pesan budpekerti yang sanggup diambil dari lagu Iwan Fals tersebut adalah:

- Jangan menyesal atas cinta yang pernah dipendam
Dalam lagu tersebut dijelaskan bahwa Cinta yang kupendam/ tak sempat saya nyatakan. Berarti sebelum mengungkapkan dan sebelum kekasihnya dimiliki dan mempunyai orang lain, dia tidak berani mengungkapkan rasa cintanya. Konsekuensinya beliau sanggup menanggung kemungkinan terburuknya.

- Menghargai keputusan orang lain
Dalam lirik lagu tersebut disebutkan bawah bila memang tak sanggup bersama / izinkan saya tetap menyayangimu. Tidak berkembang menjadi benci meskipun keputusan orang yang diakungi tidak sesuai dengan yang kita kehendaki. Justru tetap minta izin untuk tetap menyayangi.

- Tahu diri
Orang yang diakungi sudah menentukan orang lain. Maka dari itu, sudah tidak sanggup cinta lagi. Kata cinta dalam lagu tersebut spesialuntuk ada di pertama saja. Di belahan simpulan spesialuntuk dipakai kata akung karena sudah dimiliki oleh orang lain. Maka, sosok aku ialah orang yang tahu diri.

Keindahan Lagu Izinkan Aku Menyayangimu

Hal yang membuat lagu ini indah bukan semata-mata berkaitan dengan tema cinta dan penyanyinya yang sudah terkenal. Pemenggalan dan pelesapan beberap katalah yang membuat lagu ini menjadi menarikdanunik, indah, dan membuat penamasukan.

Pelesapan aksesori atau penghilangan objek terdapat pada  larik:

aku mempunyai rasa

larik tersebut mempunyai makna yang menggantung. Rasa apa? Pasti muncul pertanyaan ibarat itu. Namun pertanyaan itu akan terjawaban dalam larik selanjutnya yang berbunyi: cinta yang kupendam.

Pelesapan juga terdapat pada larik diberikut ini:

Karena kamu sudah memilih

Pemenggalan pada kata yang berfungsi sebagai predikat membuat kesan indah dalam larik lagu ini. Kata memilih ialah kata kerja alias verba transitif, membutuhkan objek. Tetapi dalam larik tersebut tidak disertai dengan objek. Pembaca atau pendengar bebas menambahkan objek ke dalam larik tersebut.

Bisa juga dipahami kalau dirangkai dengan larik selanjutnya.


Demikian analisis makna dan bentuk lagu “Izinkan Aku Menyayangimu” yang dipopulerkan oleh Iwan Fals. Semoga bermanfaa!
close