Orang Orisinil Jember Di Google Doodle | Jember Keren Sekeren Google

pustamun.blogspot.com - Hari ini, 28 November 2011, Google Doodle (halaman depan mesin pencarai google), menampilkan kartun karakter. Karakter tersebut kalau ditunjuk kursor muncul keterangan  Hari Lahir Suyadi ke 84.

Google Doodle untuk Suyadi alias Pak Raden yang Asli Jember
Siapakah Suyadi? Suyadi ialah kreator huruf Unyil dan Kawan-kawan. Karakter yang kini suka bermain-main dengan laptop dalam sebuah program stasiun televisi ini, ialah hasil kreasi yang pertamanya dimunculkan dalam program televisi di TVRI. 

Sebagai alumni Fakultas Seni Rupa di ITB (Institut Teknologi Bandung), Suyadi memang mempunyai kemampuan desain yang mumpuni dan berkarakter. Terlebih ia juga melanjutkan kuliah di jusuran animasi dari 1961 sampai 1969 di Perancis.

Suyadi ialah orang kelahiran Kecamatan Puger Kabupaten Jember, di Jawa Timur. Mungkin dari latar belakang inilah, Suyadi (yang identik dengan huruf Pak Raden ciptaannya sendiri), terinspirasi menimbulkan karakter-karakter ciptaanya.

Unyil dan Usro terasa sangat identik dengan nuansa Sunda. Sesuai dengan daerah Pak Suyadi alias Pak Raden mencar ilmu di ITB. Ada juga huruf Buk Bariya yang orang Madura lengkap dengan kebaya merahnya. Juga ada huruf Pak Raden, yang selalu ditirukan penampilannya oleh Pak Raden alias Suyadi.

Unyil terasa Bandung sebab lingkungan penciptaan dan kreasi Suyadi yang pernah mencar ilmu di Bandung. Pak Raden yang njawani ialah cuilan dari Suyadi, meskipun hidup di Jember, khususnya Puger, ia ialah orang Jawa. Tetapi juga ada huruf madura yang khas, Buk Bariya sebab di Jember juga di Puger, selain ada penutur bahasa Jawa juga terdapat banyak kantong-kantong penduduk berbahasa dan berbudaya Madura.

Suyadi, yang lahir pada 28 November 1932 meninggal di Jakarta pada 30 Oktober 2015. 

Tambahan:
Kalau kita amati huruf Google Doodle tersebut maka ingatan kita akan terkoneksi dengan karakter-karakter ciptaan Suyadi alias Pak Raden. Ada unyil yang sedang duduk menghadap ke potren Suyadi. 

Google Keren! Sekeran orang Jember itu yang menimbulkan dan membuat program televisi yang melegenda.

close