Perbedaan Menelusuri Dan Menyusuri | Klarifikasi Arti Dan Penggunaannya

pustamun.blogspot.com - Tulisan ini wacana perbedaan kata menelusuri dan menyusuri ini saya buat saat mendengar diberita di televisi.
"Peserta jalan sehat menelusuri jalan di kota Semarang" narasi diberita tersebut.

Sebenarnya apa perbedaan kata menelusuri dan menyusuri? Manakah yang benar menelusuri ataukah menyusuri? Berikut ini ialah klarifikasi arti dan perbedaan kata menelusuri dan menyusuri.

Penjelasan terkena kata menelusuri dan menyusuri yang pertama dikaji dari sudut pandang morfologi.

Secara morfologi, keduanya berasal kata dasar yang tidak sama:

Menelusuri berasal dari kata dasar telusur,

Menyusuri berasal dari kata dasar susur.

Keduanya (kata menelusuri dan kata  menyusuri) sama-sama mengandung imbuhan gabung (pertamaan dan akhiran atau konfiks) meN- -i ada juga andal bahasa yang menulis meng- -i. Karena berpertama abjad /t/ dan /s/ maka abjad pertama kedua tersebut luluh / lesap / hilang.

afiks / imbuhan meng- bertemu dengan kata dasar yang berpertama abjad t (telusur) berubah menjaadi men-.

afiks / imbuhan meng- bertemu dengan kata dasar yang dipertamai abjad s (susur) bermetamorfosis meny-.

Penjelasan yang kedua, menurut perbedaan makna Sebenarnya tidak sempurna jikalau disebut dengan perbedaan makna, alasannya keduanya mempunyai kemiripan makna. Dilihat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, telusur tidak mempunyai makna atau arti saat dalam bentuk dasasr. Bentuk yang mempunyai makna ialah kata menelusuri artinya: berjalan sepanjang tepi (berkaitan dengan jalan dan sungai); menelaah atau menjajaki.

Kata susur tidak spesialuntuk satu. Dalam bahasa Indonesia ada tiga kata susur. Kata susur yang pertama bermakna tepi. Kata susur yang kedua berarti sugi. Kata  susur yang kedua ini berasal dari bahasa Jawa. Susur artinya tembakau. Kata susur yang ketiga ialah kata arkais (alias sudah tidak diguanakan atau sangat jarang lagi dipakai oleh masyarakat). arti kata susur yang ketiga ini ialah membayar utang dengan angsuran.

Dilihat dari makna kata, kata telusur berkaitan akrab maknanya dengan kata susur yang pertama, yang berarti tepi. Jadi, makna kata menelusuri jalan adalah berjalan di bab tepi jalan, tidak di tengah. Kegiatan jalan santai, tidak sempurna memakai kata menelusuri, mungkin yang lebih sempurna ialah kata melalui. Begitu pula dengan kata menyusuri, tidak pas untuk dipakai dalam kalimat: jalan santai menyusuri jalanan kota. 

Selanjutnya, ditinjau dari akar maknanya telusur dan kata susur ialah kata yang berhugungan. Hubungan keduanya sama dengan korelasi antara kata telunjuk dan tunjuk. Dalam kaidah bahasa Jawa ada istilah seselan, Imbuhan yang masuk setelah suku kata pertama.

Mungkin (sekali lagi mungkin, saya tidak pernah membaca referensinya) kata susur dan telusur berasal dari bahasa Jawa yang diserap secara terpisah tetapi mempunyai makna yang sama.

Demikian klarifikasi singkat terkena arti kata susur, telusur, menyusuri, dan menelusuri. Salam Pustamun! Terus berkata!
close