Contoh Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas 8 Smp

pustamun.blgospot.com - Berikut ini yakni tumpuan paragraf narasi. Paragraf narasi yang ada di sini ialah karya siswa Sekolah Menengah Pertama PGRI Jenggawah. Paragraf narasi diberikut ini ialah kiprah menulis di kelas 8.

Kalimat Narasi dan SARA
Paragraf narasi yang ditulis siswa menurut hasil pengamatan gambar Teluk Love atau Teluk Cinta yang ada di Pantai Payangan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Sebelumnya gambar tersebut dipakai untuk menulis paragraf deskripsi.

Berikut ini yakni tumpuan paragraf narasi yang ditulis oleh siswa yang berjulukan Iqbal Pradana:

Saya dan kawan-kawan pergi ke Pantai Payangan. Pada pagi hari, saya menunggu mitra untuk berangkat. Kemudian mitra saya hadir. Akhirnya, kami berangkat ke Pantai Payangan bersama-sama.


Sesampai di sana kami mandi dan bermain bersama-sama. Salah satu mitra saya tidak mandi alasannya yakni sakit perut. Lalu beliau bersandar di kerikil besar.

Teman saya banyak yang mencari ikan di bebatuan. Ada salah satu mitra yang mendapat ikan.

Selain itu, mereka juga mencari kerikil karang untuk hiasan. Ternyata kerikil karangnya banyak yang hancur. Lalu mereka bergegas mencari kerikil karang. Salah satu dari mereka ada yang mendapatkannya. Batu karang yang berukuran agak besar, unik, dan banyak lubangnya.

Sesudah puas bermain, kami bergegas untuk pulang. Di perjalanan kami berpisah, alasannya yakni rumah kami tidak saling berdekatan. Akhirnya saya hingga di rumah sore hari.


Catatan:
Paragraf di atas, sudah mengalami pengeditan bersama di kelas.

Catatan Tambahan:
Paragraf narasi ialah paragraf yang meliputi rangkaian cerita. melaluiataubersamaini ciri-ciri sebagai diberikut.
Ciri paragraf narasi pertama yakni adanya pergeseran waktu. Pergemasukan waktu dalam paragraf narasi yakni adanya kata lalu, kemudian, selanjutnya. Juga adanya penerapan penanda waktu yang bergeser, contohnya membuktikan adanya penunjuk waktu ‘sore hari’ di bab paragraf lain ‘malam harinya’, dan seterusnya.

Ciri paragraf narasai yang kedua yakni adanya subjek pelaku dalam peristiwa. melaluiataubersamaini ciri ini, biasanya kalimat yang disusun dalam paragraf narasi yakni kalimat aktif.

misal: Saya pergi ke Pantai Payangan.

Kalimat di atas yakni kalimat aktif dengan subjek sebagai pelaku. Dalam kalimat di atas yakni kata ‘aku’.

Sementara pada paragraf deskripsi, kalimat yakni kaliamat pasif. misal: Pantai Payangan yakni pantai yang indah.

Sekian tumpuan dan klarifikasi singkat terkena paragraf narasi. Semoga kita sanggup menarasikan kehidupan dan keindahan Indonesia. melaluiataubersamaini demikian, kelebihan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sanggup diketahui oleh seluruh orang di seluruh dunia.

Selamat menulis, Selamat menarasikan!


Salam Pustamun!
close