Ciri-Ciri Atau Karakteristik Model Pembelajaran Inovasi (Discovery Learning)

Ciri-ciri model pembelajaran inovasi atau discovery learning ada tiga yaitu:
1. Mengeksplorasi dan memecahkan masalah.
Tujuan memecahkan problem ini yaitu untuk membuat pengetahuan yang sama sekali baru, menggabungkan pengetahuan-pengetahuan yang sudah dimiliki, lalu menggeneralisasi ilmu pengetahuan.
2. Berpusat pada akseptor didik.
Dalam pembelajaran berbasis penemuan, akseptor didik harus aktif menemukan warta yang lalu diolah menjadi pengetahuan. Mencari dari sumber-sumber warta yang sudah ada dan tersedia dalam banyak sekali bentuk. Baik berupa benda yang harus diamati, atau rujukan tertulis atau pun narasumber.
3. Adanya acara untuk  menggabungkan pengetahuan gres dan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.

Ciri pembelajaran inovasi ini mengatakan adanya pengembangan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh siswa. Pengetahuan yang gres ditemukan digabungkan dengan pengetahuan siswa sebelumnya.


Selain mempunyai ciri-ciri di atas. Ciri-ciri pembelajaran berbasis inovasi atau discovery learning juga sanggup diketahui dengan adanya karakteristik diberikut ini:
1. Guru berperan sebagai pembimbing;
2. Peserta didik (siswa) bertindak sebagai seorang penemu, peneliti, dan ilmuwan;
3. Bahan bimbing berupa informasi;
4. Peserta didik (siswa) melaksanakan acara menghimpun, mengategorikan, menganalisis, serta menyimpulkan warta dan pengetahuan menurut warta yang disajikan.

Jadi, ciri yang sangat menonjol dalam pembelajaran inovasi yaitu siswa yang aktif menggali warta dan data, mengolahnya, lalu menjadikannya pengetahuan gres menurut warta yang sudah dimiliki sebelumnya.

Guru berperan sebagai pembimbing yang menyediakan sumber informasi, mengatakan sumber informasi. Kemudian biarkan siswa yang mencari dan menggali warta tersebut. Selanjutnya, guru berperan sebagai pembimbing untuk mengonstruksi pengetahuan siswa. Menggabungkan warta yang sudah dimiliki lalu digabung, dan diperkaya dengan warta baru.
Jika ciri-ciri pembelajaran inovasi ini sudah ada dalam proses pembelajaran berarti sudah mengatakan adanya acara dengan model yang tepat, yaitu model pembelajaran inovasi (discovery learning).
Artikel Ciiri-ciri atau Karakteristik Model Pembelajaran inovasi ini tidak sanggup disalin-tempel (copas) namun sanggup diunduh dalam format pdf.

Silahkan klik di sini tautan diberikut untuk mengunduh materi.

Salam Pustamun!
Silahkan cari warta lain untuk memperkaya pengetahuan wacana model pembelajaran.
close