3 Model Pembelajaran | Pengertian Dan Langkah-Langkahnya

Berikut ini yaitu klarifikasi terkena model-model pembelajaran.

Model pembelajaran yang akan dibahas dalam goresan pena ini yaitu Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam bahasa Inggris disebut dengan Project Based Learning. Model pembelajaran yang kedua yaitu Model Pembelajaran Penemuan dalam bahasa Inggris Discovery Learning. Model  pembelajaran ketiga yang dibahas yaitu Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 

Berikut ini yaitu pengertian-pengertian model pembelajaran di atas:

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu acara (proyek) yang menghasilkan sebuah produk. Keterlibatan siswa mulai dari merencanakan, membuat rancangan, melaksanakan, dan melaporkan hasil acara berupa produk dan laporan pelaksanaanya.


Pengertian Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
Adalah teori mencar ilmu yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri.Siswa harus menemukan informasi gres yang disediakan oleh guru. 

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning /PBL)
Adalah proses pembelajaran dalam kurikulumnya, dirancang masalah-masalah yang menuntut penerima didik menerima pengetahuan penting, yang membuat mereka jago dalam memecahkan masalah, dan mempunyai model mencar ilmu sendiri serta mempunyai kecakapan berpartisipasi dalam tim. Proses pembelajarannya memakai pendekatan yang sistemik untuk memecahkan duduk masalah atau menghadapi tantangan yang nanti dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, dijelaskan langkah-langkah pembelajaran menurut model pembelajaran.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Penemuan

a. Menentukan tujuan pembelajaran.
b. Melakukan identifikasi karakteristik siswa
c. Memilih materi pelajaran.
d. Menentukan topik-topik yang harus dipelajari siswa secara
e. Mengembangkan bahan-bahan mencar ilmu yang berupa contoh-contoh, ilustrasi,
    kiprah dan sebagainya untuk dipelajari siswa.
f. Mengatur topik-topik pelajaran dari yang sederhana ke kompleks, dari yang
    kasatmata ke abstrak, atau dari tahap enaktif, ikonik hingga ke simbolik.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Langkah-langkah model pembelajaran berbasis duduk masalah yaitu sebagai diberikut:

Inti dari  dari proses pembelajaran berbasis duduk masalah yaitu melaksanakan penilaian proses dan hasil mencar ilmu siswa. Adapun langkah-langkahnya mencakup sebagai diberikut:
a. Stimulation (pemdiberian rangasangan terhadap siswa terkena duduk masalah yang akan diselesaikan).
b. Problem statement (Identifikasi masalah/rumusan masalah).
c. Data collection (Pengumpulan data, acara mengumpulkan informasi sesuai dengan duduk masalah yang sedang dibahas).
d. Data Processing (Pengolahan data, acara mengolah data dan informasi yang sudah diterima)
e. Verification (Verifikasi, yaitu pembuktian duduk masalah dan hipotesa yang disusun sesuai dengan data yang sudah diolah).
f. Generalization (Menyimpulkan, acara menarikdanunik kesimpulan sesuai dengan duduk masalah dan data yang diperoleh).

Langkah-langkah Model Pembelajaran Proyek

Fase 1 Orientasi penerima didik kepada masalah.
Fase 2 Mengorganisasikan penerima didik.
Fase 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Fase 5 Menganalisis  dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
close