Salah satu cara untuk memahami sebuah diberita dan cara penulisan diberita, yaitu dengan mengetahui kalimat tanya yang biasa dipakai dalam wawancara dikala mencari sumber diberita. Nah, ibarat yang sudah diketahui, unsur-unsur pembentuk diberita sanggup diketahui dengan rumus 5W + 1H atau yang juga sanggup disebut dengan ADIKSIMBA yaitu kata tanya Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana.
Masing-masing kata tanya tersebut ialah 'kata kunci' yang sanggup dipakai untuk menggali informasi. Kata tanya itu tidak sanggup dipakai kalau tidak disusun dalam kalimat tanya.
Nah, dalam menyusun kalimat pertanyaan untuk sebuah wawancara, harus diseuaikan dengan konteks wawancaranya.
Dalam pola daftar pertanyaan wawancara kali ini, yang dipakai sebagai konteks yaitu pementasan drama di sekolah yang dilakukan oleh kelompok teater. Pertanyaan-pertanyaan yang disusun dalam daftar pertanyaan untuk wawancara dengan ketua kelompok teater dan anggota kelompok teater tersebut sanggup mencakup proses persiapan hingga pementasan dan isi pementasan drama.
Berikut ini beberapa pola pertanyaan untuk pementasan drama oleh kelompok teater di sekolah:
Kata tanya: APA
a. Apa judul drama yang dipentaskan?
b. Apa latar belakang pengambilan judul drama tersebut?
c. Apa hambatan yang dihadapi selama proses pementasan drama?
d. Apa pesan yang ingin disampaikan melalui pementasan drama tersebut?
Kata tanya: SIAPA
a. Siapa tokoh utama dalam pementasa drama tersebut?
b. Siapa yang berperan sebagai tokoh utama?
c. Siapa saja yang terlibat dalam pementasa drama di sekolah ini?
d. Siapa saja yang turut memmenolong menyukseskan pementasan drama ini?
e. Siapa yang paling semangat dikala latihan pementasan?
Kata tanya: KAPAN
a. Kapan pementasan akan dilaksanakan?
b. Kapan tes dan persiapan dilakukan?
c. Kapan inspirasi pelaksanaan pementasan drama ini muncul?
Kata tanya: DI MANA
a. Di mana tes pementasan drama dilakukan?
b. Di mana pementasan dilaksanakan?
Kata tanya: MENGAPA
a. Mengapa mengambil tema pementasan tersebut?
b. Mengapa melaksanakan pementasan drama itu?
c. Mengapa hingga membutuhkan waktu sekian untuk persiapan pementasan?
Kata tanya: BAGAIMANA
a. Bagaimana proses jalannya tes?
b. Bagaiman proses perijinan untuk melaksanakan pementasan?
c. Bagaimana cara memilih para pemain pementasan drama tersebut?
d. Bagaimana persiapan menjelang pementasan?
e. Bagaimana pendapat wacana tugas yang dilakukan?
f. Bagaiman kesan terlibat dalam pementasan drama ini?
Demikian contoh-contoh kalimat tanya untuk daftar pertanyaan pementasan drama di sekolah. melaluiataubersamaini memakai daftar pertanyaan ini, diberita wacana pementasan oleh kelompok teater di sekolah sanggup ditulis dengan lebih dalam. Tentu daftar pertanyaan ini harus diubahsuaikan dengan kondisi dan jawabanan serta urutannya.
Masing-masing kata tanya tersebut ialah 'kata kunci' yang sanggup dipakai untuk menggali informasi. Kata tanya itu tidak sanggup dipakai kalau tidak disusun dalam kalimat tanya.
Nah, dalam menyusun kalimat pertanyaan untuk sebuah wawancara, harus diseuaikan dengan konteks wawancaranya.
Dalam pola daftar pertanyaan wawancara kali ini, yang dipakai sebagai konteks yaitu pementasan drama di sekolah yang dilakukan oleh kelompok teater. Pertanyaan-pertanyaan yang disusun dalam daftar pertanyaan untuk wawancara dengan ketua kelompok teater dan anggota kelompok teater tersebut sanggup mencakup proses persiapan hingga pementasan dan isi pementasan drama.
Berikut ini beberapa pola pertanyaan untuk pementasan drama oleh kelompok teater di sekolah:
Kata tanya: APA
a. Apa judul drama yang dipentaskan?
b. Apa latar belakang pengambilan judul drama tersebut?
c. Apa hambatan yang dihadapi selama proses pementasan drama?
d. Apa pesan yang ingin disampaikan melalui pementasan drama tersebut?
Kata tanya: SIAPA
a. Siapa tokoh utama dalam pementasa drama tersebut?
b. Siapa yang berperan sebagai tokoh utama?
c. Siapa saja yang terlibat dalam pementasa drama di sekolah ini?
d. Siapa saja yang turut memmenolong menyukseskan pementasan drama ini?
e. Siapa yang paling semangat dikala latihan pementasan?
Kata tanya: KAPAN
a. Kapan pementasan akan dilaksanakan?
b. Kapan tes dan persiapan dilakukan?
c. Kapan inspirasi pelaksanaan pementasan drama ini muncul?
Kata tanya: DI MANA
a. Di mana tes pementasan drama dilakukan?
b. Di mana pementasan dilaksanakan?
Kata tanya: MENGAPA
a. Mengapa mengambil tema pementasan tersebut?
b. Mengapa melaksanakan pementasan drama itu?
c. Mengapa hingga membutuhkan waktu sekian untuk persiapan pementasan?
Kata tanya: BAGAIMANA
a. Bagaimana proses jalannya tes?
b. Bagaiman proses perijinan untuk melaksanakan pementasan?
c. Bagaimana cara memilih para pemain pementasan drama tersebut?
d. Bagaimana persiapan menjelang pementasan?
e. Bagaimana pendapat wacana tugas yang dilakukan?
f. Bagaiman kesan terlibat dalam pementasan drama ini?
Demikian contoh-contoh kalimat tanya untuk daftar pertanyaan pementasan drama di sekolah. melaluiataubersamaini memakai daftar pertanyaan ini, diberita wacana pementasan oleh kelompok teater di sekolah sanggup ditulis dengan lebih dalam. Tentu daftar pertanyaan ini harus diubahsuaikan dengan kondisi dan jawabanan serta urutannya.