Contoh Laporan Acara Bumdesa Jawa Timur

 LAPORAN KEGIATAN
(Progress Report)

 BUMDesa Sukamakmur
BADAN USAHA MILIK DESA SUKAMAKMUR

DESA SUKAMAKMUR
KECAMATAN AJUNG
JEMBER



PENDAHULUAN

Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk menjalankan agenda pembangunan berkelanjutan. Maka dari itu, Pemprov Jawa Timur selalu menyebarkan penemuan agenda yang sanggup diakses oleh seluruh masyarakat seluruh Jawa Timur, baik yang ada di kota maupun di desa.
Salah satu agenda yang dilaksanakan yakni Jalin Matra PK2 (Jalan Lain Menuju Sejahter Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan). Sukamakmur yakni salah satu wilayah yang mempunyai kerentanan kemiskinan, tetapi mempunyai potensi yang layak untuk dikembangkan guna mendukung peningkatan tingkat kesejahteraan dan perokonomian masyarakatnya. Khususnya masyarakat yang rentan miskin.


TERBENTUKNYA BUMDesa SUKAMAKMUR
Sukamakmur terpilih sebagai salah satu Desa yang menjadi lokasi agenda Jalin Matra PK2 Povinsi Jawa Timur. Pelaksanaan Program Jalin Matra PK2 Provinsi Jawa Timur diwujudkan dengan dibentuknya Badan Usaha Milik Desa Sukamakmur sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor 04/412.31/17.2001/2016 pada tanggal 22 April 2016.
Adapun pengurus BUMDesa Sukamakmur yakni sebebagai diberikut:

Ketua                     : M. Irmal Haki
Sekretaris              : Cak Mun
Bendahara             : Ulya Muniroh

Penetapan pengurus tersebut menurut hasil Pra Rembug Warga dan Rembug Warga yang dilaksanakan pada 22 April 2016 bertempat di Desa Sukamakmur.

ANALISIS POTENSI DESA
Sesudah BUMDesa Sukamakmur terbentuk, langkah yang dilakukan selanjutnya yakni analsis potensi desa. Dari hasil analisis potensi desa yang dilakukan oleh pengurus BUMDesa Sukamakmur bersama dengan stakeholders dan pihak terkait. Maka, diketahui di desa Sukamakmur, terdapat potensi di bidang pertanian dan bidang perdagangan. Ha ini alasannya sebagian besar penduduk Sukamakmur bermata pencaharian sebagai petani, selain itu juga mempunyai kecakapan dalam dunia perdagangan.

PEMBENTUKAN KELOMPOK MASYARAKAT
Sesudah BUMDesa Sukamakmur dibuat dan pengurusnya diputuskan, Pengurus BUMDesa bergerak cepat dengan melaksanakan acara verivikasi dan evaluasi kelayakan perjuangan dari masyarakat yang sudah mengajukan. Berdasarkan hasil verifikasi tersebut sanggup diketahui bahwa yang mengajukan seruan kontribusi sebanyak lima kelompok, tetapi menurut hasil verifikasi, kelompok yang layak untuk didiberi kontribusi modal perjuangan para anggotanya spesialuntuk ada empat kelompok.
Masing-masing kelompok tersebut adalah:
-          Mangaran 1
-          Mangaran 2
-          Plalangan 1
-          Plalangan 2
Masing-masing kelompok tersebut mempunyai sepuluh anggota. Jadi, anggota BUMDesa Sukamakmur sebanyak 40 orang.

Pembentukan Kelompok Masyarakat peserta agenda Jalin Matra PK2 BUMDesa Sukamakmur  sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor: 06/412.31/17.2001/2016 tanggal 11 Mei 2016.

PERSIAPAN PENCAIRAN DAN PENCAIRANNYA
Dalam perkembangannya, proses pencairan dan pengajuan pemohonan diibutuhkn supaya sanggup mencairkan menolongan yang ditujukan untuk desa Sukamkmur.

Adapun jaminanan (agunan) yang didiberikan kepada peminjam yakni dalam bentuk saling percaya dan menjaga kepercayaan.

Pelaksanaan pencairan dana kepada anggota kelompk msyarakat dilaksanakan padah hari Sabtu, 27 Agustus 2016. Penyaluran dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahapa pertama BUMDesa menyerhkan kepada Ketua Pokmas untuk kemudian disalurkan kepada seluruh anggotanya. Dalam proses pembuatan berkas dan proses pencairannya, tidak sama sekali kendalaha atau keslutian yang dialamai oleh beberapa orang.

TAHAP PENGEMBALIAN
Adapun ketika ini, BUMDesa Sukamakmur sedang mengelola pembiayaan yang  melibatkan dana dalam jumlah yang besar.  Maka dari itu, Pengurus BUMDesa Sukamakmur berusaha sekat tenaga supaya tingkat pengembalian kredit di tingkat tertinggi yaitu seratus persen tiruana.
Adapun, tingkat pengembalian kredit yang sudah dilakukan yakni sebanyak seratus persen. Dalam proses pengembalian sepenuhnya, Pengurus BUMDesa Sukamakmur sempat menhadiri dan memantau acara perekonomian yan dilakukan oleh memmembersihkankan saluran iriggasi yangi iku memperbaiki mutu layanan pendidikan yang ujung-ujungnya meningkatkan skesejahteraan.

PENUTUP
Demikian laporan singkat terkena perkembangan dan keadaan BUMDesa Sukamakmur ini dibuat.  Laporan ini semoga sanggup dipakai sebagaimana mestinya adan akan dilakukan perbaikan sepenuhnya jka terjadi kesalahan.
Atas perhatian tiruana pihak, kami ucapkan terima kasih.


Ajung, November 2016
Ketua BUMDesa Sukamakmur




M. Irmal Haki


close