Daya Urai

Difraksi Terhadap Perbemasukan Alat Optik (Difraksi pada celah berlubang)

Difraksi Terhadap Perbemasukan Alat Optik  Daya Urai
Difraksi yang terjadi kalau cahaya dilewatkan melalui lubang sempit berbentuk lingkaran. menyerupai lubang pupil mata manusia, D = diameter pupil, S1 dan S2 dua sumber cahaya, menyerupai dua lampu sorot pada mobil.Pola difraksi yang dihasilkan berbentuk bulat pada layar atau retina mata . Pada retina mata ada dua bayangan yang berbentuk bulat di S1′ dan S2′, Seperti gambar diberikut/gambar daya urai suatu lensa mata/daya urai alat optik.
Difraksi Terhadap Perbemasukan Alat Optik  Daya Urai
Pada malam hari  kendaraan beroda empat kita akan menyalakan lampu saat  sedang bergerak, pada dikala berpapasan dengan kendaraan beroda empat lain ayang arahnya berlawan, juga menyalakan lampu, kita akan silau melihat kendaraan beroda empat itu. Apa yang terjadi pada mata kita melihat silau/ tidak terang penglihatan. Terjadinya silau alasannya ialah pada retina mata bayangan dari dua lampu kendaraan beroda empat tidak bisa dipisahkan, menyerupai pada gambar (a)
Beberapa Kemungkinan Difraksi Cahaya Alat Optik ( Retina mata )
Gambar 
(a) bayangan diberimpit dari dua sumber cahaya/dua benda
(b) hampir sanggup dipisahkan dari bayangan dari dua sumber cahaya/dua benda
(c) bayangan dari dua sumber cahaya/dua benda sempurna dipisahkan
Daya Urai Lensa (d)
—        Adalah kemampuan alat optik untuk menghasilkan bayangan yang terpisah dari dua benda yang berdekatan.
—        Kriteria Rayleigh berbunyi : Dua benda titik sempurna sanggup dipisahkan kalau sentra dari teladan difraksi benda pertama diberimpit dengan minimum pertama dari difraksi benda kedua.
sumber: https://tienkartina.files.wordpress.com

Semoga Bermanfaat



close