Beberapa bulan lagi siswa kelas 9 Sekolah Menengah Pertama / MTs akan menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah (US). sepertiyang diketahui mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama ialah mata pelajaran yang di UN kan dan di US kan. Perbedaannyanya ialah terletak dari kisi-kisi soal yang dipakai soal UN bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama / MTS di susun menurut Irisan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Sedangan soal US disusun menurut kurikulum yang digunakan. Berikut teladan Soal dan Jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP/MTS Tahun 2017 menurut Kurikulum 2006 / KTSP. Semoga ini bisa dijadikan masukana untuk mengukur kemampuan diri.
Berikut Soal Latihan Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP/MTS Tahun 2017 menurut Kurikulum 2006 / KTSP
1. Perhatikan paragraf diberikut!
Kerusakan alam di muka bumi semakin susah ditahan. Lapisan ozon di Kutub Utara dan Selatan semakin menganga akhir produksi emisi dari kegiatan industri. Disadari atau tidak, kita sudah mencicipi akhir dari kerusakan alam tersebut. Kita mengalami hujan hampir sepanjang tahun. Banjir, tanah longsor, dan gagal pguan pun terjadi di seluruh pelosok negeri secara silih berganti. Kerusakan lapisan ozon juga kuat terhadap perubahan iklim dan siklus cuaca yang sangat ekstrem.
Gagasan utama paragraf tersebut ialah ….
A. masalah kerusakan lapisan ozon di Kutub Utara
B. akibat yang ditimbulkan dari kerusakan lapisan ozon
C. bencana banjir ialah akhir dari rusaknya lapisan ozon
D. gagal pguan terjadi lantaran efek cuaca ekstrem
2. Perhatikan paragraf diberikut!
(1) Semua orangtua tentu berharap biar kelak anaknya menjadi orang sukses. (2) Indikator dari kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. (3) Oleh alasannya ialah itu, banyak orangtua menentukan pendidikan yang tepat biar anaknya sanggup bersaing di dunia kerja. (4) Pendidikan yang tepat memang akan membuat peluang kerja pada masa depan semakin terbuka luas.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
3. Cermati kutipan teks diberita diberikut!
Teks 1 | Teks 2 |
Kemarahan rakyat bisa meledak seandainya hasil kerja Tim Pengawas Penanganan Lumpur Lapindo dewan perwakilan rakyat direkomendasi. Rakyat mengharapkan dewan perwakilan rakyat terus mendesak pemerintah biar melindungi serta memulihkan hak-hak korban dan ekosistem secara optimal. Selain itu, peta area terdampak pun harus selalu direvisi. | Masyarakat korban Lapindo membutuhkan tindakan faktual untuk mengatasi penderitaan mereka. Karena mereka kehilangan segalanya, hak hidup, ketenangan, dan rutinitas kehidupan jadi terkoyak. Perlu penanganan secara bersama baik pemerintah tempat maupun sentra dan elemen masyarakat demi kemanusiaan. |
Kesamaan informasi kedua kutipan tersebut ialah ….
A. jumlah korban luapan lumpur Lapindo
B. proteksi dan penanganan korban lumpur Lapindo
C. proteksi yang fokus terhadap korban Lapindo
D. penanganan korban lumpur Lapindo dibahas DPR
4. Cermati kutipan teks diberita diberikut!
Teks 1 | Teks 2 |
Yogyakarta kembali diguyur hujan selama 6 jam yang menjadikan beberapa wilayah dilanda banjir. Banjir kali ini lebih parah dibandingkan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh debit air yang mencapai ketinggian 50 cm, air keruh, berbau, dan menjadikan gatal. | Jumat (3/2) sore, Kota Yogyakarta kembali diguyur hujan deras. Di Jalan Kolombo genangan air setinggi lutut orang dewasa. Beberapa kendaraan tampak macet lantaran kemasukan air. |
Perbedaan cara penyajian kedua teks diberita di atas ialah ….
Teks diberita1 | Teks diberita 2 | |
A. | siapa, kapan, apa | di mana, apa, bagaimana |
B. | di mana, bagaimana, mengapa | kapan, di mana, bagaimana |
C. | bagaimana, apa, kapan | kapan, di mana, mengapa |
D. | di mana, apa, bagaimana | bagaimana, apa, di mana |
Bacalah teks diberikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 5 dan 6!
Gesang dan Bengawan Solo, itulah legenda. Tetapi, Gesang yang usianya 87 tahun, juga tak kalah mengesankan. Komponis kelahiran 1 Oktober 1917 ini tiruanla berjulukan Sutadi, lantaran sakit-sakitan diubah namanya menjadi Gesang Martohartono dengan maksud terus hidup (gesang dalam bahasa Jawa). Ternyata tidak spesialuntuk terus hidup, tetapi terus berprestasi. Pada usia yang masih belia, yaitu 17 tahun, ia sudah bisa mencipta lagu. Di sisi lain, meskipun nama dan kariernya melejit, ia tetap mimilih pola hidup sederhana.
5. Keistimewaan tokoh Gesang sesuai kutipan paragraf di atas ialah ...
A. Usia Gesang melebihi 87 tahun.
B. Gesang dan Bengawan Solo ialah legenda.
C.Prestasi Gesang berubah sehabis berganti nama.
D.Pada usia 17 tahun, Gesang sudah bisa mencipta lagu.
6. Hal positif yang sanggup dicontoh dari kehidupan tokoh menurut teks di atas ialah …
A. Umur 87 tahun, Gesang justru mengesankan.
B. Karena sakit-sakitan, ia berganti nama.
C. Ia menentukan pola hidup sederhana.
D. Lagu Bengawan Solo ciptaan Gesang sangat melegenda.
7. Perhatikan iklan diberikut!
Hati-hati berkendaraan. Patuhi aturan nyaman di jalan. Kesadaran kita keselamatan tiruana. Begitulah harapan masyarakat kota.
Maksud kalimat kedua pada iklan tersebut ialah …
A. Seharusnya kita sadar akan aturan kemudian lintas sehingga harapan masyarakat terpenuhi.
B. Kalau kita menaati aturan kemudian lintas, akan selamatlah masyarakat kota.
C. Seharusnya tiruana orang menaati aturan kemudian lintas biar selamat.
D. Kalau kita mematuhi aturan kemudian lintas, di jalan akan nyaman.
8. Perhatikan iklan diberikut!
(1) Anda ingin lebih langsing dan sehat, tidakboleh bingung. (2) Telah hadir produk yang sehat dan berkarakter. (3) Pakailah produk “Jamien”, yang mujarab. (4) Produk ini sudah menurunkan berat tubuh Bu Ponirah dari 80 kg menjadi 70 kg. (5) Anda berminat, hubungi Griya Sehat, Jalan Kesehatan No. 13 Banten.
Kalimat fakta dalam iklan tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) C. (3) dan (4)
B. (2) dan (3) D. (4) dan (5)
9. Perhatikan iklan diberikut!
1) Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2) Hanya 500 ribu hingga bisa
3) Tersedia tiga level
4) Untuk tiruana level, gratis pengulangan
5) Lokasi di Jalan Raya Labuan km 8 Pandeglang
Kalimat opini pada iklan tersebut ditandai dengan nomor ....
A. 1 dan 2 C. 3 dan 4
B. 2 dan 4 D. 3 dan 5
10. Perhatikan kutipan teks diberikut!
Demam berdarah dengu banyak berjangkit di tempat tropis dan subtropis di seluruh cuilan dunia. Asia menempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh curah hujan di Asia yang sangat tinggi terutama di Asia Timur dan Selatan. Jumlah penderitanya tiap tahun meningkat, hampir 95% menyerang anak di bawah usia 15 tahun.
Simpulan bacaan tersebut ialah …
A. Demam berdarah dengu banyak menyerang belum dewasa di bawah usia 15 tahun.
B. Demam berdarah dengu banyak menyerang belum dewasa di bawah usia 15 tahun di Asia Timur dan Selatan saja.
C. Demam berdarah dengu banyak menyerang belum dewasa rata-rata berusia 15 tahun di tempat tropis dan subtropics.
D. Demam berdarah dengu banyak menyerang belum dewasa di bawah usia 15 tahun di tempat tropis dan subtropis.
Berikut lanjutan Soal Latihan Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP/MTS Tahun 2017 menurut Kurikulum 2006 / KTSP
11. Perhatkan grafik diberikut!
Simpulan grafik tersebut ialah …
A. Jumlah anakdidik Sekolah Menengah Pertama Harapan perkembangannya sangat bervariasi.
B. Jumlah anakdidik Sekolah Menengah Pertama Harapan terus meningkat dari tahun ke tahun.
C. Peningkatan jumlah anakdidik Sekolah Menengah Pertama Harapan sangat tinggi pada tahun 2010.
D. Keadaan jumlah anakdidik Sekolah Menengah Pertama Harapan naik turun setiap tahunnya.
12. Perhatikan tabel diberikut!
Jumlah buku di Perpustakaan Cendikia
No. | Jenis | Judul | Eksemplar |
1 | Cerita anak-anak | 42 | 134 |
2 | Novel remaja | 38 | 80 |
3 | Roman | 19 | 42 |
4 | Dongeng | 64 | 70 |
Jumlah | 163 | 326 |
Simpulan isi tabel tersebut ialah …
A. Buku dongeng belum dewasa terbanyak judulnya.
B. Novel remaja setiap judul berjumlah 80 buku.
C. Jumlah terbanyak ialah buku dongeng anak-anak.
D. Jumlah jenis tiruana buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.
13. Rute Perjalanan Lomba Sepeda Santai
Uraian yang sesuai dengan rute perjalanan lomba sepeda santai tersebut ialah …
A. Lomba sepeda santai dimulai dari Jalan Bali masuk ke Jalan Aceh menuju Jalan Sumatra, belok ke Jalan Nias menuju Jalan Maluku dan berakhir di Jalan Bali.
B. Lomba sepeda santai dimulai dari Jalan Bali, Jalan Jawa, belok ke Jalan Nias, masuk ke Jalan Maluku dan belok lagi ke Jalan Bali.
C. Star Lomba sepeda santai dimulai dari Jalan Sumatra, menuju Jalan Nias, belok ke Jalan Maluku dan berakhir di Jalan Bali.
D. Star Lomba jalan santai dimulai dari Jalan Jawa, masuk ke Jalan Aceh, belok ke Jalan Nias, belok lagi ke Jalan Maluku terakhir masuk ke Jalan Bali.
Pertanyaan yang jawabanannya terdapat pada skema tersebut ialah …
A. Mengapa spesialuntuk ada lima staf yang memmenolong kepala sekolah?
B. Siapakah yang pertama kali menangani dilema siswa?
C. Apakah kiprah dan kiprah komite sekolah?
D. Bagaimana cara kepala sekolah menegur kedisiplilan para staf?
15. Petunjuk Membuat Roti Manis
(1) Larutkan gula dan garam dalam air!
(2) Masukkan susu bubuk dalam tepung yang sudah disediakan!
(3) Campurkan tiruananya beserta ragi pengembang dalam air!
(4) [....]
(5) Masukkan margarine dan kocoklah hingga campuran mengembang!
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut ialah ...
A. Oleskan margarine pada tempat secara keseluruhan!
B. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga merata!
C. Cairkan sedikit margarine dan masukkan dalam adonan!
D. Satukan campuran pertama hingga ketiga!
16. Bacalah kalimat-kalimat diberikut!
Petunjuk Menanam Pohon Pisang
(1) Lubang diamkan selama 2 hari.
(2) Siapkan lubang ukuran 1x1x1/2 meter.
(3) Timbunlah pohon pisangdengan tanah kemudian disiram.
(4) Sesudah itu masukkan bibit pohon pisang ke dalam lubang.
(5) Lubang yang sudah siap, isilah dengan pupuk kompos.
Susunan petunjuk yang tepat menurut kalimat-kalimat tersebut ialah ...
A. (2), (4), (5), (1), (3) C. (5), (1), (4), (3), (2)
B. (2), (5), (1), (4), (3) D. (5), (3), (4), (1), (2)
17. Bacalah pantun diberikut!
Pohon salak banyak berduri
Anjing berkais di tepi gua
Kawan gelak simpel dicari
[....]
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut ialah ....
A. Teman menangis jarang bersua
B. Dari mana puisi melayang
C. Dagang berurai air mata
D. Mandi berurai bunga melati
18. Bacalah gambaran diberikut!
Sesudah satu semester menunggu, Sabtu, 22 Desember 2012, tepatnya pukul 08.30, rapor dibagikan oleh wali kelas. Alika Salsabila, peringkat pertama di kelas IX-3. Pengumuman itu mewujudkan keinginan Alika selama ini. Alika bersyukur kepada Tuhan.
Berdasarkan gambaran tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian ialah …
A. Sabtu, 22 Desember 2012. Alika diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Akhirnya keinginan Alika terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau sudah mengabulkan doanya.
B. Sabtu, 22 Desember 2012, tepatnya pukul 08.30. Wali kelas mengumumkan bahwa Alika mendapat prestasi yang membanggakan di kelas IX-3. Alika peringkat pertama di kelas.
C. Sabtu, 22 Desember 2012. Saat pertolongan rapor di kelas IX-3. Saya gembira lantaran Alika mendapat peringkat pertama. Hal itu, sangat membanggakan bagi Alika.
D. Sabtu, 22 Desember 2012, tepatnya pukul 08.30. Namaku diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Wow … akhirnya, impianku terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau sudah mengabulkan doaku.
19. Bacalah kutipan surat pribadi diberikut!
Salam rindu,
Apa kabar? Semoga kita selalu mendapat lindungan dari Tuhan. Eh, ngomong-ngomong, kok suratku yang kemarin nggak engkau balas, lagi sibuk ya? Sama dong, saya juga sedang sibuk nih. Banyak kiprah dari sekolah yang harus saya selesaikan. Tapi, kalau sudah ada waktu, balas suratku ya!
Bagian epilog surat tersebut yang tepat ialah …
A. Demikian surat yang sempat saya kirimkan. Cukup sekian dan terima kasih.
B. Cukup ini doloe ya? Kunanti tanggapan darimu, sekian, maaf dan terima kasih.
C. Sekian surat dariku, kurang dan lebih berkenan saya sampaikan terima kasih.
D. Saya akhiri info surat dariku dan mohon maaf dengan penuh ketulusan hati.
20. Bacalah kutipan surat resmi diberikut!
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH SMP CENDIKIA Jalan Adi Sucipto 12, Telepon (0274) 531754 Yogyakarta |
Nomor : 008/OSIS/SMP/2012 28 April 2012 Perihal : Undangan [....] melaluiataubersamaini hormat, melaluiataubersamaini ini kami mengundang Bapak untuk membuka kegiatan kemah bersama Sekolah Menengah Pertama Cendikia yang akan dilaksanakan pada hari, tanggal : Sabtu, 5 Mei 2012 pukul : 13.00 WIB tempat : Halaman Sekolah Menengah Pertama Cendikia |
Bagian yang tepat untuk melengkapi surat permintaan tersebut ialah ....
A. Yth. Bapak dan Ibu Guru Sekolah Menengah Pertama Cendikia
Di Yogyakarta
B. Kepada
Yth. Kepala TU Sekolah Menengah Pertama Cendikia Yogyakarta
di Yogyakarta
C. Yth. Kepala Sekolah Menengah Pertama Cendikia Yogyakarta
di Yogyakarta
D. Yth. Bapak Kepala Sekolah Menengah Pertama Cendikia Yogyakarta
di Yogyakarta
Berikut lanjutan Soal Latihan Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP/MTS Tahun 2017 menurut Kurikulum 2006 / KTSP
21. Bacalah kutipan surat pembaca diberikut!
Kami merasa terganggu dengan rusak dan kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas kemembersihkanan dari dinas kemembersihkanan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi, sampah yang disapu dan diangkut spesialuntuklah sampah-sampah yang berada di pinggir jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah sudah berupaya memmembersihkankannya, tetapi sampah tidak usang menumpuk kembali.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut ialah …
A. Kami siap kok memmenolong merawatnya. Asal ada jalinan kolaborasi yang jelas.
B. Apakah tidak ada petugas yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa terganggu. Terima kasih.
C. Melalui surat pembaca ini, kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kemembersihkanan untuk merawat kembali dan memmembersihkankan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
D. Kalau memang tidak mau lagi merawatnya, dimembuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait biar peduli pada keluhan kami. Terima kasih.
22. Bacalah bacaan diberikut dengan saksama!
Penangkapan ikan secara ilegal mengancam stok perikanan nasional. Jika hal itu dibiarkan, akan merugikan nelayan tradisional. Akibatnya, berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan.
Pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan. Jika hal itu sanggup dilaksanakan, kerugian negara 30 triliun sanggup ditekan. melaluiataubersamaini demikian, pendapatan negara sanggup dioptimalkan dan harga BBM bagi nelayan tidak perlu naik.
Rangkuman bacaan tersebut adalah …
A. Kerugian nelayan tradisional terjadi akhir penangkapan ilegal. Akibatnya berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan.
B. BBM tidak perlu dinaikkan. Itu sebabnya pemerintah mengoptimalkan sumber daya perikanan dan masukana pramasukananya.
C. Penangkapan ikan ilegal sanggup mengancam stok perikanan. Oleh lantaran itu, pemerintah harus mengoptimalkan sumber daya perikanan.
D. Kerugian nelayan tradisional berdampak pada kemerosotan hasil tangkapan. Oleh lantaran itu, harga BBM tidak perlu naik.
23. Bacalah gambaran diberikut!
Pada selesai tahun ini sekolah akan mengikuti lomba seni dan olahraga yang diadakan oleh pihak kecamatan. Untuk itu, pihak OSIS akan membuat slogan untuk mempersembahkan semangat kepada siswa yang menjadi wakil dalam perlombaan tersebut.
Slogan yang sesuai dengan gambaran tersebut ialah …
A. Saatnya dirimu sebagai juara.
B. Kamu niscaya ada yang menolong.
C. Menjadi juara ialah samasukan utama.
D. Kamulah juaranya, yang lain tertinggal.
24. Bacalah gambaran diberikut!
Dalam rangka hari lingkungan hidup, Pramuka Gugus Depan Sekolah Menengah Pertama Madani mengadakan Persami. Pada dikala pembukaan Persami, pembina upacara berpidato.
Isi teks pidato yang tepat sesuai kegiatan tersebut ialah ...
A. Harapan kami, untuk mencegah ancaman banjir dan tanah longsor kita bahu-membahu sanggup menjaga kelestarian hutan. Hutan menjadi tanggung jawaban kita.
B. Di hari yang berbahagia ini, kita sanggup berkumpul bersama dalam rangka Persami yang terselenggara berkat kolaborasi Pramuka dengan kementrian lingkungan hidup.
C. Oleh alasannya ialah itu, marilah kita bahu-membahu mencegah penebangan hutan secara liar. Kita jaga lingkungan kita tidakboleh hingga rusak. Kerusakan hutan akan merugikan bagi diri kita.
D. Tidak disangkal bahwa hutan melindungi hidup kita. Salah satu fungsi hutan ialah melindungi tanah dari ancaman longsor. melaluiataubersamaini pelestarian hutan, perembesan oleh air berlangsung dengan sempurna, tragedi banjir sanggup dicegah.
25. Bacalah tema diberikut!
Tema karya ilmiah: Belajar kelompok meningkatkan prestasi
Rumusan dilema yang tepat menurut tema tersebut ialah …
A. Siapa sajakah yang mencar ilmu kelompok, prestasinya meningkat?
B. Belajar kelompok ibarat apakah yang sanggup meningkatkan prestasi?
C. Apakah dengan mencar ilmu kelompok sanggup meningkatkan prestasi?
D. Belajar kelompok yang bagaimanakah yang sanggup meningkatkan prestasi?
26. Simpulan karya ilmiah:
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan kecakapan hidup (life skill) siswa memerlukan kemudahan penunjang yang variatif dan kepedulian seluruh pihak pada sekolah.
Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut ialah ...
A. Pimpinan sekolah terus aktif membangun kolaborasi dengan swasta dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
B. Peningkatan kecakapan hidup juga tidak melulu pada aspek akademis semata.
C. Perlu diadakan kemudahan penunjang yang variatif dalam mengelola sekolah biar kegiatan life skill tercapai.
D. Dalam merumuskan pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah lebih berorientasi pada upaya peningkatan pelayanan profesional kependidikan.
27. Perhatikan data buku diberikut dengan saksama!
1. Judul buku : eksekusi dan Sengsara
Penulis : Merari Siregar
Penerbit : Balai Pustaka Jakarta
Tahun terbit : 1997
2. Judul buku : Kalimat Efektif
Penulis : Abdul Rozak
Penerbit : PT Gramedia Jakarta
Tahun terbit : 1986
Penulisan daftar pustaka yang tepat menurut data buku tersebut adalah…
A. Rozak, Abdul. 1986. Kalimat Efektif. Jakarta: PT Gramedia.
Siregar, Merari. 1997. hukuman dan Sengsara. Jakarta: Balai Pustaka.
B. Siregar, Merari. 1997. hukuman dan Sengsara. Jakarta: Balai Pustaka.
Rozak, Abdul. 1986. Kalimat Efektif. Jakarta: PT Gramedia.
C. Rozak, Abdul. Kalimat Efektif. 1986.PT Gramedia. Jakarta.
Siregar, Merari. hukuman dan Sengsara. 1997. Balai Pustaka. Jakarta.
D. Merari Siregar, 1997, hukuman dan Sengsara, Jakarta; Balai Pustaka.
Abdul Rozak, 1986, Kalimat Efektif, Jakarta; PT Gramedia.
28. Perhatikan gambaran diberikut!
Kebakaran rumah terjadi di Jalan Ahmad Yani No. 17 Jambi. Tidak ada korban jiwa lantaran rumah kosong. Kejadian itu pada pukul 00.15, Jumat, 30 November 2012. Penyebab kebakaran masih diselidiki.
Paragraf teks diberita yang sesuai dengan gambaran tersebut ialah …
A. Jumat, 30 November 2012 tepatnya pukul 00.15 sudah terjadi tragedi alam kebakaran di Jalan Ahmad Yani No. 17, Jambi. Tidak ada korban jiwa lantaran rumah kosong. Polisi sedang menyelidiki penyebab tragedi alam kebakaran tersebut.
B. Jumat, 30 November 2012 tepatnya pukul 00.15 sudah terjadi tragedi alam kebakaran di Jalan Ahmad Yani No. 17, Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa lantaran rumah kosong.
C. Jumat, 30 November 2012 tepatnya pukul 00.15 sudah terjadi tragedi alam kebakaran di Jalan Ahmad Yani No. 17, Jambi. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada korban jiwa lantaran rumah kosong.
D. Jumat, 30 November 2012 tepatnya pukul 00.15 sudah terjadi tragedi alam kebakaran di Jalan Ahmad Yani No. 17, Jambi. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.
29. Perhatikan gambaran diberikut!
Kepala sekolah mempersembahkan mandat kepada wakilnya untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Isi pesan singkat yang tepat menurut ilustrasi tersebut ialah ...
Isi pesan singkat yang tepat menurut ilustrasi tersebut ialah ...
A. Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
B. Wali kelas harap menginformasikan kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadan.
C. Kepala sekolah mengharapkan tiruana siswa turut menyambut bulan suci bulan berkat dengan mengadakan bakti sosial.
D. Wali kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan menolongan.
30. Bacalah kutipan drama diberikut!
Rini : Rafi, kenapa sih, engkau selalu usil? Kenapa engkau selalu mengejek aku?
Memangnya engkau suka kalau diejek? (cemberut)
Rafi : (tertawa-tawa) Aduh … maaf deh, engkau murka ya, Rin?
Rini : Iya dong. Habis … engkau badung. Kamu memang sengaja mengejek aku,
biar belum dewasa sekelas menertawakan saya kan?
Rafi : [....]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut ialah ...
A. Wah, tidakboleh murka dong Rin, saya kan cuma bercanda!
B. Memang saya sengaja, biar belum dewasa sekelas menertawakan aku.
C. Wah, kalau engkau cemberut memang manis lho!
D. Jangan murka ya Rin, saya suka melihatmu cemberut!
Berikut lanjutan Soal Latihan Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP/MTS Tahun 2017 menurut Kurikulum 2006 / KTSP
31. Bacalah puisi diberikut dengan saksama!
Ke Blora ia akan menikmati
Ke Blora ia akan kembali bermimpi
Masa kanak dan cinta yang gagal
Ia terlalu hafal
Isi yang terdapat dalam puisi tersebut ialah ....
A. Blora yang menjadi impian
B. Blora yang tidak menjanjikan kehidupan yang baik
C. Blora yang menjanjikan
D. Blora yang menjanjikan kehidupan
Bacalah kutipan puisi diberikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 32 dan 33!
Sepi di luar, sepi menekan mendesak
lurus kaku pepohonan tak bergerak
sampai ke puncak
32. Tema kutipan puisi tersebut ialah ….
A. penekanan C. kesunyian
B. penderitaan D. kekakuan
33. Suasana puisi tersebut ialah ….
A. hening C. haru
B. takut D. sedih
34. Perhatikan kutipan puisi diberikut!
. Laut yang indah
Ombak berkejaran
[….]
Tak kenal lelah
Terus berlari-lari
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut ialah ....
A. Perahu para nelayan
B. Putih warna pasir
C. Berlari ke pantai
D. Langit cerah sekali
35. Perhatikan beberapa kalimat diberikut!
(1) Pemimpin upacara menyiapkan barisan.
(2) Bel masuk sekolah berbunyi tiga kali.
(3) Semua siswa kumpul di lapangan upacara.
(4) Sesudah 1 jam, kesudahannya siswa kembali ke kelas.
(5) Pembina upacara memdiberi pidato wacana Hardiknas.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A. (3) – (1) – (4) – (5) – (2)
B. (2) – (1) – (5) – (3) – (4)
C. (3) – (4) – (1) – (5) – (2)
D. (2) – (3) – (1) – (5) – (4)
36. Cermati gambaran diberikut!
OSIS Sekolah Menengah Pertama Pelopor akan mengadakan lomba menulis puisi bertema lingkungan. Syarat dan ketentuan tertera di papan pengumuman.
Isi pengumuman yang tepat menurut gambaran tersebut ialah ...
A. Yang berminat mengikuti lomba menulis, segera mendaftar ke sekretariat panitia pelaksana kegiatan.
B. Siswa yang berminat mengikuti lomba menulis puisi, harap segera mendaftar ke sekretariat panitia.
C. Peserta lomba menulis puisi, segera mengantarkan hasil karya lukisan ke sekretariat panitia.
D. Semua yang berminat menjadi panitia lomba menulis, mendaftar ke sekretariat penyelenggara.
37. Perhatikan data buku diberikut!
Judul : Budidaya Ikan Nila
Penulis : Sahar Erizal
Penerbit : PT Swadaya
Keunggulan:
· Memotivasi pembaca untuk beternak ikan nila
· Berdasarkan pengalaman pribadi
· Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan:
· Ilustrasi gambarnya kurang
Paragraf resensi buku yang tepat menurut data buku tersebut ialah …
A. Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi lantaran buku ini juga dilengkapi gambaran gambar. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini lantaran pemberian gambar dengan gambaran jelas.
B. Buku yang berjudul Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya ini ditulis menurut pengalaman pribadi. Meskipun gambaran gambar kurang, tetapi bahasa yang dipakai lugas. Oleh lantaran itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang dipakai pendek-pendek.
C. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini juga dilengkapi dengan gambaran gambar yang menarikdanunik. Hanya sangat diakungkan, penerapan bahasanya berbelit-belit sehingga susah dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laku di pamasukan lantaran banyak yang memerlukan.
D. Buku secara garis besar menunjukan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini dimasukankan dibaca oleh mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi gambaran gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa termenolong dengan adanya buku ini. Oleh lantaran itu, buku ini layak dibaca.
38. Film laskar pelangi diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Novel ini menjadi novel best seller yang tidak kalah menarikdanuniknya dengan novel terjemahan.
Penggunaan abjad kapital yang terdapat dalam paragraf di atas ialah ....
A. laskar pelangi menjadi Laskar Pelangi
B. Andrea Hirata menjadi andrea hirata
C. best seller menjadi Best Seller
D. novel terjemahan menjadi Novel Terjemahan
39. Menurut diberita di surat kabar, korban penyakit flu burung sudah mewabah sangat banyak sekali.
Perbaikan kalimat tersebut biar menjadi kalimat efektif dengan tepat adalah....
A. meletakan kata mewabah sehabis kata penyakit
B. memindakan kata sudah sebelum kata sangat
C. menghilangkan kata mewabah dan sekali
D. menempelkan kata sudah dan banyak sebelum kata korban
40. Bacalah paragraf diberikut!
Group mahasiswa kedokteran akan melaksanakan ujicoba di posko-posko tragedi banjir yang tersebar di beberapa RW. Mereka juga membawa obat-obatan yang disumbangkan oleh pemilik apotek yang peduli terhadap menderitanya rakyat yang terkena musibah.
Perbaikan pilihan kata bercetak miring yang tepat ialah ....
A. tim, tugas, penderitaan
B. tim, praktik, penderita
C. kelompok, praktik, penderitaan
D. kelompok, tugas, menderita
Bacalah kutipan cerpen diberikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 41 s.d. 43!
(1) Rasanya berat untuk berpikir bahwa orang ibarat ia bisa melaksanakan tindakan tak terpuji. (2) Tapi apa boleh buat, ada dugaan kuat bahwa paling tidak ia sudah berbuat salah yang menciptakannya begitu resah. (3) Dan inilah insiden yang mengpertamai dugaan itu, ibarat yang berulang kali diceritakan ibu. (4)”Waktu itu, kelihatan sekelebat orang keluar.” (5) “Waktu mau balik, tiba-tiba perasaanku tidak enak.(6) “Lalu saya ke tempat menyimpan kendaraan ayah,” (7) “Ternyata bukan Darmin.”
41. Bukti latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (3) C. (5)
B. (4) D. (6)
42. Konflik yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut ialah ....
A. Sekelebat bayangan mencurigakan.
B. Kecurigaan kepada seseorang.
C. Tindakan yang tidak terpuji.
D. Kewaspadaan yang berlebihan.
43. Amanat pada kutipan cerpen tersebut ialah ...
A. Memmenolong orang yang ditimpa masalah.
B. Memaafkan kesalahan orang lain dengan ikhlas.
C. Jangan menyimpan barang tidak pada tempatnya.
D. Jangan menuduh kalau tidak ada bukti, tapi boleh saja waspada.
Kutipan novel 1 | Kutipan Novel 2 |
Aku meninggalkannya. .... Dan bertanya, apakah yang sudah kulakukan itu benar atau salah? Membikinnya murka atau jengkel, benar atau salah? Dan apa sebetulnya yang kuingini ketika doloe ia kuhadirkan ke rumah? Ya ya .... Aku ingin menaklukannya. Aku ingin menaklukkan lelaki yang kaya, bandel dan populer suka merendahkan orang lain itu. Entah demi teman dekatku Tining, entah untuk kepuasanku sendiri. | Tiba-tiba ibarat halilintar menggores langit, mengilatkan suatu pikiran yang terang dan tegas dalam hati Hasan, seolah-olah sinar ide yang terang benderang menyibakan tabir petang dalam jiwa yang bimbang. Terang, terang sekali seolah-olah pikirannya. Berpikirlah ia:”Ayah sudah tidak ada lagi. Tapi aku, ibu, dan Fatimah masih ada, masih hidup. Kalau Tuhan betul bikinan khayal insan ibarat kata Rusli dan Anwar .... |
44. Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut adalah....
Kutipan Novel 1 | Kutipan Novel 2 | |
A. | Sarat dengan nilai budaya, memakai gaya hiperbola | Sarat dengan nilai sosial, memakai gaya deskriptif |
B. | Sarat dengan nilai keagamaan, memakai gaya deskriptif | Sarat dengan nilai sosial, memakai gaya hiperbola |
C. | Sarat dengan nilai moral, memakai gaya deskriptif | Sarat dengan nilai keagamaan, memakai gaya hiperbola |
D. | Sarat dengan nilai sosial, memakai gaya deskriptif | Sarat dengan nilai budaya, memakai gaya hiperbola |
Bacalah kutipan drama diberikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 45 dan 46!
(1) Dodi : Alat menolong pernafasan itu harus segera dipasang jikalau nafas ayah berhenti (berbisik di pendengaran Danar)
(2) Danar : Jangan, tidakboleh doloe! Kita harus tunggu ibu! (setengah berteriak). Mengapa?
(3) Dodi : Keadaan ayah kritis, Danar. Ibu masih di bandara. Tadi ibu sudah kutelepon. Ibu baiklah dengan tindakan
medis yang terbaik.
(4) Danar : Aku tidak bertanggung jawaban jikalau terjadi sesuatu dengan ayah. (berlari ke luar ruangan)
(5) Dodi : Kita tiruana harus bertanggung jawaban, Danar! (mengejar Danar yang keluar ruangan)
45. Bukti tabiat Dodi tegas ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (3) C. (2) dan (4)
B. (1) dan (5) D. (2) dan (5)
46. Suasana yang tergambar pada kutipan drama tersebut ialah ....
A. menyedihkan C. mengharukan
B. sangat bahagia D. menegangkan
47. Cermatilah puisi diberikut!
Mengapa bunga harus layu (1)
Sesudah kumbang dapatkan madu (2)
Mengapa kumbang harus ingkar (3)
[….] (4)
Agar baris ketiga dan keempat puisi tersebut diberima sama, baris keempat yang tepat ialah ....
A. Sesudah bunga jadi layu
B. Sesudah bunga tak lagi mekar
C. Sesudah bunga tersipu malu
D. Sesudah menarik hati sang kumbang
48. Perhatikan gambaran diberikut!
Pak Fauzan akan menjual sebuah rumah beserta tanahnya seluas 500 m2 di Komplek Griya Labuan Asri. Harga yang ditawarkan Rp 150.000.000,00. Bila ada yang berminat bisa menghubungi nomor 08777998866
Kalimat iklan baris yang sesuai dengan gambaran tersebut ialah ....
A. Djl. cpt. rmh. LT 500 m2 griya labuan asri hrg. 150 jt nego hub. 08777998866.
B. Dijual. cpt. rmh, LT 500 m2. harga 150 jt nego, segera hubungi 08777998866.
C. Dijual cepat rmh, LT 500 m2. griya labuan asri, hrg. 150 jt nego hub. 08777998866.
D. Djl. cpt. rmh, LT 500 m2. griya labuan asri nyaman hrg. 150 jt nego hub. 08777998866.
49. Bacalah pantun diberikut!
Tinggi-tinggi burung perkutut
[….]
Hati teringat verbal menyebut
Wajah terbayang di depan mata
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut ialah ....
A. Siang merindu malam merana
B. Terbang melayang ke tanah rata
C. Bunga mawar masih dikenang
D. Walau banyak kupunya kawan
50. Bacalah kutipan cerpen diberikut!
(1) Pada beberapa tempat, ilalang berbunga beralun-alun sama berayun dengan rumput dihembus udara. (2) Sebuah lengkungan perbatasan bumi dengan langit. (3) Garis yang mengantar matahari menuju peristirahatan. (4) Langit yang kuning muda, bersisik putih di antaranya terjalin warna keemasan.
Bukti latar waktu sore hari pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
Berikut Kunci Jawaban Latihan Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP/MTS Tahun 2017 menurut Kurikulum 2006 / KTSP
No. Soal | Jawaban | No. Soal | Jawaban |
1 | B | 26 | C |
2 | A | 27 | A |
3 | B | 28 | A |
4 | B | 29 | B |
5 | D | 30 | A |
6 | C | 31 | D |
7 | D | 32 | C |
8 | D | 33 | A |
9 | A | 34 | C |
10 | D | 35 | D |
11 | B | 36 | B |
12 | D | 37 | B |
13 | A | 38 | A |
14 | B | 39 | C |
15 | B | 40 | C |
16 | B | 41 | D |
17 | A | 42 | B |
18 | D | 43 | D |
19 | B | 44 | C |
20 | C | 45 | B |
21 | C | 46 | D |
22 | C | 47 | B |
23 | A | 48 | A |
24 | C | 49 | B |
25 | D | 50 | C |
======================================================