Membuat Telaah Struktur Teks Dongeng Fantasi Mencar Ilmu Dari Gajah Mada

Salah satu bab dalam buku teks bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VII (7) ialah membuat telaah terhadap struktur teks kisah fantasi. Yang dimaksud dengan telaah, ialah pencermatan terhadap sebuah teks kisah fantasi.

Karena yang akan ditelaah ialah sebuah teks kisah fantasi menurut struktur teksnya, maka harus diketahui terlebih lampau apa saja struktur teks kisah fantasi.



Adapun struktur teks kisah fantasi meliputi tiga pokok utama, yaitu adanya orientasi, komplikasi, dan orientasi.

Seperti yang sudah diketahui, stuktur teks kisah fantasi bab orientasi meliputi pengenalan bab cerita. Baik latar maupun tokoh yang terdapat dalam teks kisah fantasi tersebut. Bagian komplikasi teks fantasi menggambarkan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para tokoh dalam cerita. Sementara bab resolusi, meliputi wacana cara menuntaskan problem (komplikasi).

Dalam membuat telaah teks kisah fantasi, diharapkan dua hal pokok. Yaitu pemahaman terhadap struktur teks cerita, ibarat yang sudah dijelaskan di atas. Juga pemahaman terhadap kisah yang sedang ditelaah.

Nah, dalam goresan pena kali ini, yang akan ditelaah ialah pola teks kisah fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada. Untuk lebih mengenal siapa sih bahu-membahu Patih Gajah Mada itu. Bisa dibaca dalam artikel: Biografi Singkat Gajah Mada, Candi Trowulan dan Teks Cerita Fantasi

Ada baiknya, sebelum membuat telaahnya lebih doloe dibaca teks kisah fantasi 'Belajar dari Gajah Mada'.

Sesudah membaca teks kisah fantasi 'Belajar dari Gajah Mada' kita sanggup melanjutkan untuk menelaahnya.

Di buku teks bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama kelas 7, sudah ada pola telaah terhadap teks kisah fantasi. misal telaah itu sengaja dibentuk rumpang, semoga siswa latihan sendiri untuk melengkapinya. Akan tetapi, biasanya siswa tetap kesusahan menciptakannya. Maka dari itu, dalam artikel ini disediakan hasil telaah yang masih rumpang, sekaligus satu pola telaah teks kisah fantasi Belajar dari Gajah Mada yang sudah utuh.

misal telaah teks kisah fantasi Belajar dari Gajah Mada menurut struktur teksnya.

(misal yang masih rumpang/belum lengkap).

Cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada mempunyai bab struktur erita yang lengkap yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Alur dimulai dari orientasi, komplikasi, dan diakhiri resolusi. Bagian orientasi berupa ....................................................................................................
.......................................................

Bagian komplikasi berupa ................................................................................................................. ...................... ........................................... ............................

Bagian resolusi berupa.................................. .................................................................................. ....................... .................................. ......................................

Cerita fantasi tersebut memakai latar lintas waktu. Cerita dimulai dengan latar Candi Penataran lalu tokoh mengalami kejadian asing yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan Majapahit.


misal telaah teks kisah fantasi Belajar dari Gajah Mada yang sudah lengkap.

Cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada mempunyai bab struktur erita yang lengkap yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Alur dimulai dari orientasi, komplikasi, dan diakhiri resolusi. Bagian orientasi berupa pemaparan wacana belum dewasa yang sedang melaksanakan kiprah penelitian di Candi Trowulan.

Bagian komplikasi berupa rangkaian masalah-masalah yang dialami oleh para siswa. Anak-anak itu menerima problem alasannya tidak sanggup pulang. Jika ingin pulang harus sanggup memdiberi jawabanan yang memuaskan. Jawaban para anak itu masih kurang memuaskan Gajah Mada alasannya spesialuntuk menurut kepandaian otak. Maka, belum dewasa itu lalu mempersembahkan jawabanan yang mengatakan perjuangan untuk menjadi baik. Belajar jujur dengan tidak mencontek. Belajar disiplin dengan tidak terlambat. Sopan dan menghargai orang lain.

Bagian resolusi berupa kembalinya belum dewasa tersebut sehabis mempersembahkan jawabanan yang mengatakan bahwa mereka sedang berguru menjadi anak baik. Jadi, yang terpenting dan lebih dihargai oleh Gajah Mada ialah menjadi orang baik. Bukan sekadar menjadi orang pandai saja.

Cerita fantasi tersebut memakai latar lintas waktu. Cerita dimulai dengan latar Candi Penataran lalu tokoh mengalami kejadian asing yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan Majapahit.

Baca Juga:
- Komplikasi dan Rangkaian Peristiwa Teks Belajar dari Gajah Mada
- Resolusi (Penyelesaian Masalah) Teks Belajar dari Gajah Mada

Demikian pola telaah struktur teks kisah fantasi berguru dari Gajah Mada. Jadi, dikala ada soal dari guru, 'buatlah telaah struktur teks kisah fantasi!' sanggup membuat ibarat ini ya. Kalau ceritanya beda, bukan Cerita Belajar dari Gajah Mada. Tinggal menyesuaikan saja.
close