Contoh Kumpulan Pantun Pramuka Keren 2018

misal Kumpulan Pantun Pramuka Keren 2018


Pramuka ialah kepanduan Indonesia, menjadi bab dari pandu seluruh dunia. Pramuka, ialah abreviasi dari praja muda karana, para cowok yang berkarya. Itu makna asalnya.

Pramuka identik dengan perkemahan yang diisi dengan kegiatan-kegiatan lomba. Jenis perlombaan yang diselenggarakan dalam kegiatan-kegiatan pramuka berkaitan dengan keterampilan, kemandirian, kekompakan, dan keilmuan serta kesenian.

Gambar Katun Pramuka Karya Muntijo dari Muntijo.wordpress.com


Tentu dengan tidak mengesampingkan pendidikan umat beragama yang baik. Maka dari itu, dalam setiap perkemahan, didiberi waktu dan diajak untuk salat berjamaah bagi pemeluk agama Islam.

Kegiatan Pramuka, selain identik dengan penyalaan api unggun, juga diisi dengan kegiatan kreasi dan seni. Biasanya kegiatan yang dilombakan pada malam hari dalam pramuka berkaitan dengan seni baik tarik suara, musik, tari, dan segala jenis seni lainnya.

Kegiatan yang tidak kalah seru ketika perkemahan dan kegiatan Pramuka yang lainnya ialah lomba laga pantun. Lomba Pantun Pramuka biasanya diadakan untuk mengisi luang di antara jeda kegiatan yang lain. Yang perlu diketahui, mata lomba dan kegiatan yang diselenggarakan dalam Perkemahan Pramuka selalu banyak, rapat. Hal ini untuk melatih kesiapan para penerima dalam menghadai tantangan zaman. Harus selalu siap, dan bisa.

Maka dari itu, di tengah padatnya kegiatan dan acara, lomba pantun pramuka menjadi penghibur sendiri di bumi perkemahan.

Sering kali, para penerima kemah pramuka kesusahan membuat pantun, apalagi bila harus impulsif di atas panggung, niscaya kesusahan. Pantun yang muncul biasanya pantun-pantun klasik yang sudah ada ejak doloe kala.....

misal pantun klasik yang muncul dalam kegiatan pramuka:

Kalau ada sumur di ladang
Boleh kita menumpang mandi
Kalau ada umur yang panjang
Boleh kita bertemu lagi

Pantun di atas menjadi pantun andalan, yang sudah diajarkan di kursi sekolah dasar. Tidak ada yang salah dengan pantun tersebut, malah sangat benar. Bagus juga pesan moralnya. Tetapi, masak tidak ada variasinya yang baru.

Berikut ini ialah referensi kumpulan pantun pramuka yang dapat dipakai untuk kegiatan perkemahan.

Pramuka putra pakai baret
Pramuka putri pakai topi
Ikut kemah pertamanya seret
Tapi dapat bahagiakan hati

Pantun di atas cocok untuk menggambarkan kegiatan pramuka yang berat tetapi juga selalu meliputi kebahagiaan. Apalagi bila dapat menuntaskan kiprah yang didiberikan.

Tenda dibuka diikat tali
Talinya banyak berwarna putih
Pramuka itu generasi peduli
Rela menolong tanpa pamrih

Pantun di atas cocok untuk menggambarkan kegiatan pramuka yang selalu nrimo mengabdi. Mengabdi untuk kegiatan kemanusiaan dan lingkungan.

Besar pasak dari tiang
Tiang bendera dari tongkat
Wahai abang selamat siang
Dari kami tiruana salam hormat

Pantun di atas cocok untuk kegiatan pramuka yang gres dibuka. Juga cocok untuk membuka sebuah program dan pidato. Maksudnya cocok untuk mengpertamai kegiatan.

Malam hari menyalakan api
Api besar disebut api unggun
Wahai abang yang baik hati
Sabarlah biar tetap anggun

Pantun di atas cocok dipakai dalam program pramuka yang berlangsung malam hari. Karena berkaitan dengan api unggun.

Pramuka sejati pasi mandiri
Mandiri itu tahan banting
Salam Pramuka tiruana di sini
Saya di sini yang ganteng paling

Pantun di atas tidak untuk menyombongkan diri, melainkan untuk menghibur para pendengar dengan cara bercanda.


Selamat berpantun, Selamat Berpramuka! Download juga ya referensi pantun yang lain....
close