Analisis Makna Lagu Surat Cinta Untuk Starla

Analisis Makna Lagu Surat Cinta untuk Starla

Lagu yang berjudul ‘Surat Cinta untuk Starla’ pertama kali saya dengar ketika menemani belum dewasa latihan untuk penampilan perpisahan di sekolah, di Jenggawah Jember. Dalam tes itu, judul lagu ‘Surat Cinta untuk Starla’ diajukan oleh salah satu pengurus OSIS yang ingin tampil menyenyikan lagu itu.

Sejak dikala itu, saya menjadi tidak gila dengan lagu yang dianggap paling romantis oleh belum dewasa muda ini. Sampai dikala perpisahan, lagu surat cinta untuk starla sudah berkali-kali saya dengarkan. Sekilas saya pikir maknanya tidak mengecewakan dalam juga.


Baru kemudian, saya memahami surat cinta untuk Starla lebih dalam lagi maknanya ketika istri menanyakan cara membuat parafrase kok sanggup menarikdanunik. Maka dari itu, saya menanyakan lagu apa yang sedang ngetop di belum dewasa muda. Istri saya menjawaban, Surat Cinta untuk Starla.



Maka, saya eksklusif meminta lirik lagu Surat Cinta untuk Starla. Kebetulan sebelumnya beliau sudah searching (menelusur) di mesin pencari. Maka saya tinggal menulis lriknya.

Berikut Lirik Lagu Surat Cinta untuk Starla.

Surat Cinta untuk Starla

Kutuliskan kenangan tentang
Teknikku menemukan dirimu
Tentang apa yang menciptakanku simpel
Berikan hatiku padamu

Takkan habis sejuta lagu
Untuk menceritakan cantikmu
Kan teramat panjang puisi
Tuk menyuratkan cinta ini

Telah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa untuk dunia
Karena tlah ku habiskan
Sisa cintaku spesialuntuk untukmu

Aku pernah berpikir perihal
Hidupku tanpa ada dirimu
Dapatkah lebih indah dari
Yang kujalani hingga kini

Aku selalu bermimpi perihal
Indah hari renta bersamamu
Tetap bagus rambut panjangmu
Meskipun nanti tak hitam lagi

Bila habis sudah waktu ini
Tak lagi berpijak pada dunia
Telah saya habiskan
Sisa hidupku spesialuntuk untukmu

Bila demam isu berganti
Sampai waktu terhenti
Walau dunia membenci
Ku kan tetap di sini

Untuk memahami makna lagu Surat Cinta untuk Starla di atas, perlu melalui parafrase liriknya. Berikut ini pola parafrase liriknya. Parafrase tidak spesialuntuk ibarat ini, sanggup memakai kata-kata lain asal megampangkan memahami makna sebuah lirik lagu.

Parafrase Lagu Surat Cinta Untuk Starla

(sudah) Kutuliskan (tiruana) kenangan (indah) tentang
Teknikku (untuk) menemukan (rasa cintaku pada) dirimu
Tentang apa (saja) yang menciptakanku simpel (untuk)
(mem-)Berikan hatiku (dan segala rasaku) padamu

Takkan habis (rasa cintaku dengan) sejuta lagu
(lagu yang kugunakan) Untuk menceritakan cantikmu
Kan teramat panjang puisi (yang harus tertulis)
(un)Tuk menyuratkan (menulis rasa) cinta(ku) ini

Telah habis sudah (rasa) cinta ini
Tak (ada) lagi (yang) tersisa untuk (hal lain di) dunia
Karena tlah ku habiskan
Sisa cintaku spesialuntuk (kudiberikan) untukmu

Aku pernah (sempat) berpikir perihal
(apa jadinya) Hidupku (jika) tanpa ada dirimu (di sampingku)
Dapatkah (hidup ini) lebih indah dari
Yang (sudah) kujalani hingga kini

(cintaku,) Aku selalu bermimpi perihal
Indah(nya) hari tua(ku) (jika hidup) bersamamu
(dirimu yang) Tetap bagus (dengan) rambut panjangmu
Meskipun nanti (rambutmu) tak hitam lagi (dan sudah memutih)

Bila (sudah) habis (usiaku nanti dan) sudah (selesai) waktu (hidupku) ini
(Kakiku) Tak lagi berpijak pada (tanah) (dan meninggal) dunia
(aku tak menyesal, karena) Telah saya habiskan
(seluruh) Sisa hidupku spesialuntuk untuk (mencintai)mu

Bila (nanti) demam isu (sudah) berganti
Sampai waktu (kehidupan) terhenti
Walau (orang di seluruh) dunia membenci(ku)
Ku (a)kan tetap (ada) di sini (untuk mencintaimu)

Dari parafrase di atas, sanggup diketahui makna surat cinta untuk starla yaitu sebagai diberikut:
“Semua kenangan dan insiden yang indah tentang perempuan pujaan hatinya, sudah menciptakannya lupa dan tidak peduli dengan apapun dan siapapun di dunia. Dia spesialuntuk merasa nyaman ketika sanggup hidup bersama hingga tua. Meskipun tiruana orang di dunia membenci, beliau akan tetap setia menemani kekasihnya.”

Sekian, analisis makna lagu surat cinta untuk starla.


Salam Pustamun!
close