Contoh Lema Bentukan Bahasa Indonesia Pada Teks Berita

Kopian ialah Lema bentukan yang berarti Tempat Ngopi
Berikut ini ialah analisis lema bentukan dalam bahasa Indonesia. Sumber data diambil dari harian Jawa Pos yang dianalisis menurut susunan morfologinya.

Seperti diketahui1, penanggalan2 Islam bermula3 dari inspirasi Amirulmukminin*) Umar Ibnu Khattab ra. Ide itu muncul sehabis teman erat Umar mendapat4 dari Abu Musa Asy’ari ra. Gubernur Kufah tersebut menyatakan5 bahwa beliau sudah menerima6 beberapa surat yang tidak bertanggal7. Amirulmukminin pun menyerupai kebiasaannya8,
mengumpulkan9 tokoh-tokoh teman dekat, misalnya10, Sayyidina Utsman Ibnu Affan, Sayyidina Ali Ibnu Abi Thalib, dan lain-lain untuk diajak11 bermusyawarah12 terkena13 idenya14 tentang penanggalan15 Islam.
(Jawapos, 18 Desember 2009)
Keterangan:
  1. diketahui = ??
  2. penanggalan peN + tanggal + an
  3. bermula ber + mula
  4. mendapat meN + dapat
  5. menyatakan me + kasatmata + kan
  6. menerima meN + terima
  7. bertanggal ber + tanggal
  8. kebiasaannya kebiasaan - nya        ► nya = kata ganti orang ketiga
Ø  kebiasaan ke + biasa + an
  1. mengumpulkan meN + kumpul + kan
  2. misalnya misal + nya                      ► nya =
  3. diajak di + ajak
  4. bermusyawarah ber + musyawarah
  5. terkena meN + kena + i
  6. idenya inspirasi – nya                             ► nya = kata ganti orang ketiga
  7. penanggalan peN + tanggal + an

*) Amirulmukminin, Kamus Bahasa Indonesia digital mengartikan: sebutan atau gelar bagi pemimpin umat Islam (khalifah). Serapan dari bahasa Arab. Dalam bahasa arab sendiri Amirulmukminin berasal dari kata Amir ( أمر ) kurang lebih berarti pemimpin, penguasa dan Al-mukminin  (المؤمنين)bentuk jamak dari al-mukmin  (المؤمن)yang berarti orang yang diberiman, al-mukminin berarti beberapa orang (kaum) yang diberiman.

Jadi, dalam 'Amirulmukminin’ dalam bahasa Indonesia ialah kata dasar sedangkan dalam bahasa Arab ‘amirulmukminin’ ( أمرالمؤمنين ) ialah kata bentukan.
close